Langsung ke konten utama

Akhirnya Pakai Domain Pribadi

Semua bermula pada tahun 2012, sejak pertama kali mulai suka membaca dan menulis. Modal modem dan laptop, saya bisa berjam-jam menghadapi layar, buka sana-sini, browsing sana-sini, membaca tulisan ini dan itu, mencari tahu trik ini dan trik itu, dari yang paling simple sampai yang tidak banyak orang tahu. Yang paling simple adalah, ketika saya mencari tahu caranya bikin blog, karena saya suka menulis, dan blog adalah tempat yang paling pas buat menulis. Saat itu juga, saya langsung membuat, daaaan, jadi. Inilah blog pertama saya.

Selang beberapa bulan, saat blog saya sudah ada pengunjungnya, walaupun gak begitu banyak, sebagian besar malah teman sendiri dan keluarga, saya membaca sebuah postingan dari mas Alit Susanto, dia menceritakan pengalamannya mendapatkan uang dari blog melalui Google AdSense (ini yang orang nggak banyak tahu). Apa itu Google AdSense? Browsing, jangan malas hehe. Tapi intinya, Google AdSense itu adalah, blog kita akan dipasang iklan oleh google, dari iklan itu nanti kita bakalan dibayar oleh google. Gitu penjelasan simple-nya. Easy, right? Easy to get money :D. Kalian bisa membaca postingannya mas Alit di www.shitlicious.com/2013/01/ayo-ngeblog-ayo-gajian. 

Nah, untuk mendaftar ke Google AdSense ini, kita kudu punya domain pribadi. Ingat! Belilah domain secara legal di jasa penyediaan domain, banyak banget, jangan pasang domain gratisan yang kita nggak tahu asal-usulnya. Tapi apa itu domain? Browsing lagi, ya, jangan malas :). Sederhananya, domain itu buat ngerubah alamat blog kita menjadi lebih sederhana dan sesuai keinginan kita. Misal, setiapsabtu.blogspot.com jadi setiapsabtu.com, blogspot-nya hilang.

Banyak sekali orang yang berpikir bahwa membuat (dot)blogspot.com menjadi (dot)com itu susah, padahal enggak kalau kita tahu caranya. Nah untuk cara membuatnya, saya mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan mas Bena di blog-nya, kalian bisa membacanya di www.benablog.com/2013/11/benablog-cara-membuat-blog-dengan-domain-com. Memang banyak banget postingan-postingan yang menjelaskan cara membeli dan memasang domain, tapi banyak yang kurang lengkap juga, jadi malas sendiri bacanya. Di blog-nya mas Bena ini lengkap, dijamin, buka sendiri aja.

Dan kemarin, karena nggak ada kerjaan, saya coba membeli domain yang saya idam-idamkan dari dulu itu di Qwords.com. Murah banget kok, setahun cuma seratus lima puluh ribuan. Dan jadilah, (dot)blogspot.com di alamat blog saya hilang, digantikan dengan hanya (dot)com, uye ye ye ye ye.

Kenapa pake blogspot.com bukan platform lain?

Kata mas Bena, wordpress.com ribet, dan banyak celah buat di-hack. Kalau tumblr.com terlalu simple. Nah untuk blogspot.com enak, bisa diutak-atik sebebas mungkin, dan hosting-nya udah numpang sama google, nggak perlu bikin hosting sendiri. Enak, kan? Saya setuju akan hal itu.

Kalau udah tahu apa yang musti dilakuin, dan kepingin punya domain sendiri, go open benablog.com, ikuti langkah-langkahnya.  Kalau domain sudah terpasang, langkah pertama yang harus dilakukan adalah, rajin-rajinlah menulis di blog, lalu daftarkan blog kamu ke Google AdSense. Pengin kan punya penghasilan dari hanya menulis di blog? Saya pengen, banget. Untuk cara mendaftar ke Google AdSense, sudah saya kasih link-nya di atas.


Selamat mencoba.. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Catatan-catatan Kecil

Holaaa...
Jadi gini, ini adalah buku kecil yang saya tulis khusus untuk Pak Hanggoro dan teman-teman Teknik Sipil Unnes. Pak Hanggoro itu siapa? Beliau adalah salah satu dosen di Teknik Sipil. Buku ini menceritakan perjalanan singkat kami dari semester 1 sampai akhirnya sidang TA (Tugas Akhir). Saya yakin buku ini tidak dapat mewakili semua kejadian yang ada, namun inilah persembahan saya untuk teman-teman seperjuangan, semoga berkenan dan menjadi pengingat di hari kelak. Dan kalian bisa mengunduhnya secara gratis.
Unduh di sini.
Penampakan bukunya...




Terimakasih teman-teman, selamat membaca...

Tidak Ada Cerita Tentang Wisuda

Kemarin saya wisuda, dan acaranya berlangsung sangat, biasa saja. Cenderung bikin ngantuk.
Tidak ada yang istimewa, kecuali kehadiran dan senyum wanita-wanita ini. Kau tahu? Beberapa orang saja dalam hidupmu, tidak banyak, mungkin tidak lebih dari 20 orang, sangat bisa membuat hidupmu bahagia dan berarti. Kualitas. Dan yang bisa berbuat yang demikian itu hanya manusia yang benar-benar manusia, bicara manis di depan juga manis di belakang. They did it.















Ya, tidak ada cerita tentang wisuda jika mereka tak hadir, menjabat tangan saya, memeluk, dan mendaratkan kasih sayang di pipi kanan dan kiri. 


(Cerpen) Racauan Pemuda Tanggung

Pertama, “Fakhri, nak, bangun.”
Kedua, “Fakhrii, bangun, nak.”
Ketiga, “Fakhriii, bangun. Banguuun!!!”
Ibu bilang aku terbangun pada ketujuh kalinya ibu membangunkan aku. Aku sedang bermimpi berada di surga, tempat terindah yang pernah ada bagi orang yang pantas. Di sana, istriku ada tujuh puluh tujuh orang, semuanya wanita, semuanya berambut panjang, semuanya cantik tak tertahankan. Aku kewalahan.
Belek di mata belum tuntas kubersihkan, suara Symphony 40 Mozart terdengar dari kamar sebelah, kamar adik perempuanku. Oh Mozart, kau ciptakan alunan maha indah seperti itu saat kau sedang bercinta dengan siapa? Dengan gaya apa kau melakukannya? Oh Mozart, beri tahu aku.
“Fakhriii...!!” Ibu kembali memanggil, dengan suara yang lebih keras. “Bangun, mandi!!”
Oh Mozart, aku baru bangun, ibu sudah menyuruhku mandi, aku sedang mendengarkanmu, tolong beri tahu ibu bahwa aku sedang mendengarkanmu. Perkara sepele seperti mandi tak pantas mengganggu kenikamatan alunan maha indah darimu. Oh Mozart,…